Senin, 09 Agustus 2010

Liburan hemat ke Bali

Halo temen - temen sekalian disini gw mau berbagi pengalaman nih paket hemat liburan ke Bali....

Awalnya ga ada rencana apa - apa, tiba - tiba sebulan sebelum libur akhir semester gw ajak kedua temen gw buat liburan ke Bali, dan akhirnya kami sepakat buat pergi. Gw langsung cari - cari di Om G*ogle n K*skus patokan biaya n referensi buat liburan gw ini. Sebagai pelajar SMA yang kantongnya pas2an gw juga rada - rada bingung gimana dapetin uang +/- 1jt buat ongkos + hidup disana, akhirnya gw kumpulin duit jajan mingguan n minta tambahan dari orang tua.

Akhirnya pada akhir Juni kemarin kami berangkat ke Bali.
Berangkat dari terminal Lebak Bulus naik bus L*rena jurusan JKT-Denpasar tiketnya@ 385rb, karena musim liburan tarifnya naik. Berangkat jam 9 pagi, trus ngaret di terminal Rawamangun, akhirnya dari Jakarta baru tancep jam 11. Dapat voucher makan 2x free. Trus berhenti makan di daerah Cirebon, ya seperti biasalah makanan ala kadarnya. Trus berenti lagi di daerah Rembang tengah malem. Terakhir makan pagi di Ps.Putih. Karena jalan rusak n sedikit macet jadi kami baru tiba di Terminal Ubung, Denpasar jam 7 malam WITA. Kalo tanpa hambatan perjalanan normal naik bus bisa ditempuh dlm waktu -/+ 25 jam. Sekedar info aja kalo bus tersebut sering berhenti di pool untuk mengambil paket sekitar -/+ 20 menit.

Sampai di Denpasar gw langsung ke Hotel ga jauh dari terminal yang udah di book temen gw, sekedar info aja kalo musim libur hotel banyak yang penuh, sebaiknya minta tolong teman jika ada untuk booking. Penginapan @90rb, fasilitas lumayan (Fan,TV,Kamar mandi dalam,1ksr.besar,1ksr.kecil). Gw langsung nginep 5 malam karena murah n pas buat bertiga.

Untuk jalan - jalan keliling gw menyewa motor @30rb-an per 12 jam. Bensin isi 15rb/motor sepertinya dah cukup untuk seharian. Di Bali gw jalan2 ke Kuta, Tanah Lot, Sukowati, Joger, Sanur, Karangasem, GWK, dll. Sekedar info di Karangasem ada pemandian di kaki bukit, tempatnya agak sepi, sejuk, damai n recommended deh pokoknya. Oh ya, untuk tiket masuk GWK agak mahal 25rb/org. Untuk yang pengen belanja di Joger, kalo musim liburan sangat - sangat penuh, usahakan jam 10 pagi dah standby di depan pintunya.

Soal makanan di sana banyak warung muslim n warung surabaya yang dijamin halal. Untuk sekali makan ya kira - kira @12rb, atau nasi jenggo yang lebih hemat @8rb an . Untuk oleh - oleh ato souvenir bisa beli di pasar sukowati yang murah meriah asal pinter nawar, ato bisa juga beli di Erlangga di kota denpasar, semacam toko, harga miring tp udah nett
Setelah 6 hari di Bali, akhirnya gw balik ke Jakarta naik bus (lagi) karena ga dapet tiket kereta. Gw naik bus K*amat Dj*ti dan ternyata busnya lebih bersih n lebih baik deh pokonya dengan hrg tiket @360rb.

Sedikit tips buat temen - temen semua :
1. pergi lebih nyaman n cepat naik paket kereta dari PT.KA, sekitar 350rb-an (musim libur) utk kereta bisnis, rutenya jkt-sby, sby-banyuwangi, sampe banyuwangi naik bus PT.KA langsung ke Denpasar. Tapi perlu diingat kalo musim liburan harus booking minimal 1 minggu sblm keberangkatan.
2. lebih hemat bermalam di Denpasar drpd daerah kuta, jimbaran, dll. Di kuta saat musim liburan 150rb cuma dapet kamar 1 tmpt tidur n kamar mandi luar.
3. jalan - jalan naik motor walaupun murah dan cepat tapi bisa bikin kulit hitam dan badan pegel - pegel. Jadi kalo perginya lebih dari 5 orang prefer naik mobil lebih santai, karena tempat - tempat wisatanya cukup jauh untuk dijangkau.
4. Bawa sunblock kalo perginya lagi musim panas (Juni-Juli), disana panasnya terik bgt dijamin bisa tambah gelap tuh kulit ente.
5. Gw tidak merekomendasikan cara ini, tapi bagi yang ingin jauh lebih hemat bisa naik kereta ekonomi dengan tarif jkt-sby 40rb-an/org dan sby-banyu 20rb-an /org, naik ferry 6rb trus naik bus ketapang - denpasar 30rb-an/org. Demi keamanan gw lebih prefer naik bus jkt-denpasar ato paket kereta bisnis.
ini rincian dananya:
bus PP jkt-den 385+360 = 745rb
Penginapan 30rb/orang x 5 malam = 150rb
makan -/+ 15 rb x 3kali x 6 hari = 270rb
sewa motor 15 rb/orang x 6 hari = 90rb
bensin 10rb/orang x 6 hari = 60rb

total = -/+ 1,3 jt (diluar uang belanja)
kalo mungkin temen - temen sekalian perginya lagi ga musim liburan mungkin jauh lebih murah dari biaya ini.
Referensi ini gw buat utk temen - temen sekalian yang punya uang pas2an kayak gw, tapi pengen liburan ke Bali dengan jalur aman, nyaman n tentram pastinya. Kalo ada pertanyaan n kekurangan silakan komen aja di cbox gw ato bisa kirim ke email gw dauz_uzhman@hotmail.com. Semoga bermanfaat buat pembacanya ya hehe...sekian, terimakasih.